Berbagai Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman yang diciptakan manusia mungkin tak terhitung, beberapa bahasa pemrograman yang terkenal antara lain :

1. Fortran
Fortran (FORmula TRANslator) di kembangkan pada tahun 1956 oleh Jhon Backus di IBM, ditujukan untuk mempermudah pembuatan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknik, terutama untuk melakukan perhitungan. Fortran merupakan bahasa beraras tinggi yang pertama kali diciptakan. Kelemahan bahasa ini terletak pada operasi masukan/keluaran yang sangat kaku.

2. Cobol
Cobol (COmmon Business Oriented Languange) dikembangkan pada tahun 1959, sesuai dengan kepanjangan namanya, bahasa ini ditujukan untuk mempermudah pembuatan aplikasi di bidang bisnis. Sejauh ini bahasa tersebut masih banyak digunakan terutama dilingkungan mini komputer dan mainframe. Kelemahan bahasa ini terletak pada struktur penulisan program yang sangat kaku dan terkesan bertele-tele.

3. PL/1
PL/1 (Programming Language 1) diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1963, dan dapat dipakai untuk menangani pemrosesan data bisnis maupun untuk melakukan perhitungan data ilmu pengetahuan. Bahasa ini dikenal di lingkungan komputer IBM dan tidak populer di PC. Bahasa inipun jarang digunakan karena secara keseluruhan PL/1 sangat sulit untuk dipelajari.

4. Basic
Basic (Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code) dikembangkan pada tahun 1965 di Darmouth College dan penciptanya adalah John Kemeny dan Thomas Kurtz. Awalnya ditujukan sebagai bahasa sederhana untuk pengajaran dasar pemrograman komputer. Bahasa ini tergolong sebagai bahasa serbaguna, yakni dapat dipakai untuk aplikasi apa saja. Basic merupakan bahasa yang sangat populer, pada awal 1990-an pamor bahasa ini menaik saat Microsoft menggunakan bahasa ini sebagai landasan pada pemrograman visual yang disebut Visual Basic.

5. Pascal
Pascal dibuat oleh Nicklaus Wirth pada tahun 1971, nama pascal berasal dari nama matematikawan Prancis yang bernama Blaise Pascal. Bahasa ini awalnya digunakan untuk mengenalkan pemrograman terstruktur. Pascal sangat populer di lingkungan mahasiswa ilmu komputer dan tehnik dan menggeser Fortran maupun Basic. Bahasa tersebut awalnya kurang cocok dipakai untuk menangani aplikasi bisnis mengingat dukungan terhadap basis data sangat terbatas. Pascal merupakan bahasa yang dipakai sebagai landasan pembuatan kode pada perangkat lunak Delphi dan Kylix. Delphi merupakan suatu perangkat lunak pengembangan program yang sangat populer di lingkungan Windows dan Kylix adalah perangkat lunak serupa yang berjalan di lingkungan Linux.

6. ADA
ADA dikembangkan oleh Departemen Pertahan Amerika Seikat pada tahun 1975 dan dirilis pada tahun 1981. Nama bahasa ini digunakan sebagai penghargaan kepada Lady Augusta Ada Byron, pemrogram mesin analitis Babbage pada tahun 1930-an. Bahasa ini dibuat untuk dijadikan sebagai standar bagi seluruh aplikasi di Departemen tersebut. ADA mendukung tehnik pemrograman modern yaitu pemrograman terstruktur, penyembunyian informasi, tipe data abstrak, dan pemrosesan paralel. ADA sesungguhnya bukanlah bahasa yang khusus ditujukan untuk menangani aplikasi militer, melainkan juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi bisnis, termasuk di lingkungan PC.

7. C++
C++ dibuat oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1983 di Laboratorium Bell, AT & T, awalnya dinamakan “a better C”. Nama C++ diberikan oleh Rick Mascitti pada musim panas tahun 1983. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang sangat terkenal dan menggunakan kaidah bahasa C. Berbagai program grafis dilingkungan Windows, UNIX, dan Linux dibuat dengan menggunakan bahasa ini. Dilingkungan Windows, Visual C++ merupakan perangkat lunak yang dapat dipakai untuk membuat aplikasi apa saja, termasuk untuk menangani basis data.

8. dBase
dBASE merupakan bahasa pemrograman berorientasi basis data yang mengawali kepopuleran DBMS (Database Mangagement System) dilingkungan mikrokomputer. Diawali dengan dBase II. versi 2.4 dirilis pada September 1983, dioperasikan pada IBM PC yang menggunakan PC_DOS VI.I,2.0, atau 2.1. Pada tahun 1985, perusahaan Ashton-Tate mengeluarkan dBase III. Produk berikutnya, dBase III Plus sangat populer. Dilingkungan PC muncul produk serupa seperti Clipper dan Foxpro.
Jika dBase III Plus beroperasi pada sistem operasi DOS, penerusnya yaitu Visual dBase beroperasi pada Windows dan mendukung pemrograman visual (seperti halnya Visual BASIC). Inti dBase juga diterapkan pada visual FoxPro. Namun belakangan, dBase mulai tergeser untuk digunakan dalam menyusun aplikasi bisnis karena muncul beberapa DBMS yang lebih handal.

9. Java
Java dibuat pada tahun 1995 di Sun Microsystems dan Java merupakan bahasa berorientasi objek dan sederhana. Kode Java dikompilasikan dalam format yang disebut bytecode. Bytecode ini dapat dijalankan di semua komputer yang telah dilengkapi dengan program Java Interpreter dan Java Virtual Machine.
Java telah menyediakan sarana untuk membuat program (yang disebut applet) yang berjalan pada web browser. Bahasa ini juga mendukung koneksi ke database, menyediakan sarana untuk membuat aplikasi berbasis windows dan dapat juga dipakai untuk pemrograman jaringan.

10. LISP
LISP (LISt Processing) diciptakan oleh John McCarthy di MIT pada tahun 1960-an dan merupakan bahasa kecerdasan buatan yang pertama. Bahasa ini merupakan kebangkitan dari aplikasi kecerdasan buatan. Ciri khas program ini adalah menggunakan banyak tanda kurung.

11. Prolog
Prolog (PROgrammation en LOGigue) atau kemudian diinggriskan menjadi PROgramming in LOGic) adalah bahasa untuk aplikasi kecerdasan buatan yang dibuat pada tahun 1972 di Universitas Marseille-Aix, Prancis. Penciptanya adalah Alain Colmerauer dan bahasa ini menjadi populer semenjak Jepang mengumumkan pada tahun 1981 bahwa Jepang akan menggunakannya sebagai basis komputer generasi kelima.

12. C
C diciptakan oleh Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie pada tahun 1972 di Laboratorium Bell AT & T. Bahasa ini menggabungkan kemampuan pengendalian mesin dalam aras rendah dan struktur data dan strukstur kontrol yang beraras tinggi. C dipakai antara lain untuk menyusun sistem operasi UNIX dan Linux. Sifatnya yang portabel, membuat kode UNIX mudah dipindah-pindahkan dari satu platform ke platform yang lain.

Nah itulah diantaranya beberapa bahasa pemrograman yang ada di dunia saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: